TIPS MERAWAT DAPUR DAN SOLUSINYA

Tips merawat dapur dan solusinya mungkin sudah ada yang telah menjelaskan lebih dulu tapi alangkah baiknya saya untuk sedikit mengingatkan bagi ibu - ibu dalam kegiatan sehari - harinya atau dapur merupakan salah satu tempat favorit ibu -ibu karena disinilah tempat untuk berkreasi masak - memasak untuk menghasilkan menu sajian yang spesial. Selain itu didalam dapur juga terdapat perkakas memasak yang sangat membantu kita untuk memasak, tapi kadang kala dapur juga memiliki masalah tersendiri apalagi usai memasak pasti perkakas tersebut sulit untuk dibersihkan akibat bekas sisa makanan yang menempel dan berkerak.
MEMBERSIHKAN SISA MINYAK YANG MENEMPEL PADA PERKAKAS 
  1. bersihkan tempat makanan yang terbuat dari plastik dengan cara merendamnya terlebih dahulu dengan air yang dicampur baking soda selama 10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.
  2. mengasah pisau atau gunting yang tumpul setelah digunakan 
  3. membersihkan peralatan almunium yang menghitam, rebuslah air yang telah dicampur dengan 2 sdm krim tartar, krim tartar adalah bahan tambahan pembuatan kue. rebus air dan krim tartar tersebut selama 10 menit setelah itu siram bawah panci yang menghitam tersebut lalu gosok panci tersebut, untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan berulangkali hal tersebut.
  4. mencegah lengketnya wajan saat menggoreng, rebus air yang sudah dibubuhi cuka di penggorengan yang akan di pakai untuk menggoreng tersebut sampai mendidih dan keringkan air yang di campur tersebut agar minyak tidak tercampur dengan minyak dan alat penggorengan tersebut siap digunakan.
  5. membersihkan parutan setelah digunakan memarut keju atau sisa - sisa kue yang masih menempel diparutan tersebut. pertama parutlah kentang yang mentah, dan lakukan berulang kali sampai benar benar bersih.
 MENGHILANGKAN BAU AMIS PADA PERKAKAS 

Masaklah air dengan perasan lemon setelah itu rendam perkakas tersebut ke air dengan persan lemon tersebut selama beberapa menit, setelah itu cuci dengan air dengan sabun pencuci piring biasa dan bilas dengan menggunakan air bersih.

MEMBERSIHKAN KERAK WAJAN SETELAH DIGUNAKAN

Untuk membersihkan Kerak wajan yang sulit dihilangkan dicoba dengan bawang bombai yang sudah dibelah menjadi dua bagian kemudian masukkan kedalam wajan kemudian beri air secukupnya sampai bawang terendam, kemudian tunggu sampai air tersebut mendidih dan kerak yang masih menempel tersebut akan terangkat dengan sendirinya atau dibantu di gosok pakai centong atau alat  goreng yang agak panjang agar supaya tangan kita tidak terkena air panas. dan harus dilakukan dengan hati - hati.

Popular Posts